lessons from career days X 2012

career days edisi ke-1o yang berlangsung pada 2012 ini baru aja selesai beberapa hari yang lalu. event job fair yang rutin diadain sama Engineering Career Center (ECC) Fakultas Teknik UGM itu (katanya) selalu dibanjiri sama para pencari kerja alias jobseeker. saya juga baru sekali ini hadir di acara job fair ini. dan kebetulan saya jadi panitia.

panitia career days adalah mahasiswa-mahasiswa UGM yang masih aktif yang dipilih oleh ECC UGM lewat seleksi curriculum vitae dan wawancara. di dalam kepanitiaan ini saya kebagian jadi divisi Pemandu Presentasi. sesuai namanya, kerjaan pemandu presentasi ya memandu para jobseeker untuk menonton presentasi dari perusahaan-perusahaan peserta career days X. pada divisi ini saya kerja bareng sama Agatha, teknik kimia 2009, dan Mega, ilmu komputer 2011. bagi saya pribadi, ini adalah kesempatan saya yang pertama untuk jadi panitia di kampus. dan kebetulan langsung kepanitiaan tingkat universitas. :p perhelatan event selama 2 hari di tanggal 4-5 februari itu memberikan kesan-kesan baik bagi para panitianya, termasuk saya. kata mas Deka wakil direktur ECC, ada sekitar 15.000 jobseeker yang berkunjung ke career days ini… sungguh rame, dan sungguh wow. para jobseeker punya kesempatan untuk masuk gratis ke arena jobfair yang diikuti oleh sekitar 75 perusahaan lokal maupun internasional. setiap perusahaan menyediakan jumlah lowongan yang berbeda-beda untuk jenis pekerjaan yang bervariasi pula. ada perusahaan Astra yang mencari technician-technician motor, Chevron yang mencari fresh graduate (terutama sarjana teknik) yang berkualitas tinggi, Bank Mandiri yang mencari karyawan untuk ditempatkan di daerah-daerah. dan sebagainya dan sebagainya. bisa dibayangkan, ribuan orang berada di satu tempat memerebutkan lowongan-lowongan yang ada supaya bisa kerja! rada ngeri kalo boleh saya bilang. para jobseeker tersebut ngga hanya dari jogja aja. banyak para lulusan ITB, UI, UNDIP yang rela jauh-jauh ke jogja untuk bersaing dengan ribuan lainnya demi sebuah pekerjaan yang belum tentu sesuai dengan passion mereka. paling heboh adalah antrian jobseeker di booth PLN. entah kenapa Perusahaan Listrik Negara ini menarik para jobseeker yang rela antri berjam-jam untuk input data di laptop-laptop yang disediakan. itu baru input data lho, belum tentu mereka lolos seleksi administrasi. ada juga antrian panjang di booth Schlumberger (bacanya “slambersi”, entah kenapa) untuk pelamar S1 dan D3. mereka juga antri untuk input data di laptop-laptop yang disediakan. belum lagi di booth-booth lainnya seperti Astra (yang menjadi MEGA PLATINUM sponsor -_-‘), bank-bank, perusahaan-perusahaan tambang-konstruksi, dll. kebetulan saya ga bisa sering muter-muter di arena pameran karena ruang untuk presentasi terpisah agak jauh dari arena pameran..

meanwhile di ruang presentasi, saya bareng Agatha dan Mega, harus standby untuk menyiapkan ruang presentasi dan melayani perusahaan serta audiens presentasi. ada lumayan banyak perusahaan yang presentasi di career days kali itu. mereka adalah Astra Group (grup, jadi ga cuma satu), Chevron, Freeport, Bank Mandiri, Baker Hughes (tambang minyak), PT. SIS (tambang), Schneider (perusahaan listrik), Accenture (konsultan). jujur, saya sangat terkesan sama presentasi dari perusahaan-perusahan tersebut. presentasi-presentasi itu lumayan membuka wawasan saya tentang pekerjaan-pekerjaan yang dapat saya tempati ketika lulus nanti. terutama presentasi Chevron. perusahaan tambang yang mengeruk kekayaan Indonesia itu (dan hanya memberikan sedikit kepada negara kita, sadly) selalu dibanjiri penonton sampai penonton rela berdiri di dekat pintu demi menyaksikan presentasi Chevron. tapi, emang, presentasi Chevron BAGUS BANGET. saya merasa beruntung bisa hadir menonton di situ. eheheh. seperti presentasi company pada umumnya, Chevron menjelaskan profil perusahaan serta lowongan yang tersedia. kemudian pada presentasi selanjutnya, mereka menjelaskan tentang apa-yang-harus-dilakukan-jobseeker-lakukan untuk mendapatkan pekerjaan di Chevron. menurut saya penjelasan ini berlaku untuk jobseeker ketika mencari pekerjaan di manapun. mereka menjelaskan bahwa Chevron sangat menghargai achievements yang pernah diraih oleh jobseeker. achievements itu ga cuma IP bagus, tapi pengalaman-pengalaman jobseeker dalam meLEAD orang lain di berbagai situasi. contohnya ya kaya organisasi dan kepanitiaan gitu. mereka juga menjelaskan bagaimana attitude yang baik ketika mengikuti sesi wawancara di seleksi Chevron. ngga kelupaan mereka juga menjelaskan core value perusahaan mereka, seperti perusahaan-perusahaan lain yang presentasi. saya baru bener-bener ngeh kalo ternyata tiap perusahaan itu punya kultur dan core value yang beda-beda. salah satu presentasi yang mengesankan adalah presentasi Baker Hughes, perusahaan minyak. selain officer mereka ramah, mereka satu-satunya perusahaan yang presentasi menggunakan bahasa inggris, dan menghadiahkan flashdisk berbentuk gelang yang gaul abis saat sesi kuis. haha.

overall, penyelenggaraan career days X ini berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti. saya merasa kagum dan berterima kasih kepada ECC UGM yang telah memberikan kesempatan untuk meraba-raba dunia kerja ke mahasiswa-mahasiswa, slah satunya saya. saya kagum dengan ECC karena career center ini memiliki atmosfer kerja yang sangat nyaman menurut saya. direktur ECC pak Nurhadi, wakil direktur ECC mas Deka, dan karyawan-karyawan lainnya sangat ramah dan humoris sama mahasiswa-mahasiswa panitia. selain itu mereka juga selalu memberikan wejangan-wejangan terkait dengan dunia kerja. mereka menjelaskan bahwa lulusan-lulusan Jogja, UGM pada khususnya, adalah lulusan-lulusan yang kalem belum banyak paham mengenai dunia industri dibandingkan dengan lulusan-lulusan Jakarta dan Bandung. hal itu saya buktikan sendiri pada saat saya menjaga presentasi perusahaan di ruang presentasi, beberapa lulusan ITB dan UI yang melemparkan pertanyaan terlihat mantap dan meyakinkan dibanding dengan lulusan dari Jogja. so, mahasiswa-mahasiswa dan para jobseeker jogja, mari kita tingkatkan attitude, wawasan, dan skill kita! 🙂 selain itu mas Deka dari ECC juga menjelaskan bahwa banyak dari para jobseeker gagal mendapatkan pekerjaan karena mereka belum begitu paham dengan pekerjaan yang mereka cari. banyak jobseeker yang memasukkan CV ke banyak perusahaan padahal mereka belum begitu paham dengan kultur dan jenis pekerjaan yang mereka lamar. sehingga menyebabkan banyak gagal, yang dapat berakibat pada menurunnya rasa percaya diri si jobseeker. banyak juga nasihat lainnya tapi saya udah agak rada-rada lupa. hiks..

intinya, saya merasa cukup beruntung bisa mengisi liburan dengan kepanitiaan ini. saya jadi paham bahwa banyak faktor-faktor yang menentukan seseorang memeroleh sebuah pekerjaan. ga cuma faktor akademis saja. paham dunia kuliah, belum tentu paham dunia kerja. Indeks Prestasi tinggi ga menjamin seseorang untuk dapat pekerjaan mapan dan nyaman. true. saya lihat sendiri di booth Schlumberger, saya ngintip beberapa data yang diinput sama jobseeker ke laptop. banyak dari mereka yang IP nya bagus-bagus.. 3,6 3,3 di atas 3 lah pokoknya. tapi juga ada yang IP di bawah 3. dafuq?! mereka yang dulunya belajar akademis mati-matian dengan mereka yang belajar akademis ga mati-matian (karena sibuk belajar non-akademis dimana-mana misalnya) pada akhirnya berada di tempat yang sama, bertaruh di posisi yang sama! mungkin mereka yang ber-IP bagus memiliki benefit atas akademis mereka bagus. tapi setelah saya simak presentasi perusahaan-perusahaan di ruang presentasi, hal itu ga jamin jobseeker buat dapet kerjaan bagus. beneran. sekali lagi, banyak faktor yang berperan selain faktor akademis. tapi ya sebaiknya akademis dan non-akademis itu sama-sama bagus. hehe.

dan.. wawasan-wawasan yang baru saya dapet di career days kemaren itu sedikit banyak nambah semangat saya untuk membuka lembaran baru di semester 2 ini. lembaran baru, karena IP saya di semester yang sangat awal ini juelek buanget aseeem. -,- karena emang ga pernah belajar hahaha. dasar pemales lu id. tapi saya yakin, hidup itu ga sekedar Indeks Prestasi kok.. ya kan? ya kan? pffffftttt..

Advertisements

One thought on “lessons from career days X 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s