review buku: kangen indonesia.

kemaren baru aja nyelesaiin baca sebuah buku. and here’s i try to make some review.

 

covr buku

 

judul bukunya: Kangen Indonesia. mengusung tagline “indonesia di mata orang jepang”, buku ini ditulis sama profesor bidang sosiologi bernama Hisanori Kato. beliau udah tinggal di indonesia kurang lebih.. 8 tahun, kalo ga salah ngitung.

 

secara keseluruhan, buku ini menceritakan tentang pengalaman hidup profesor Kato selama tinggal di indonesia. tapi bukan pengalaman travelling atau budaya2 indonesia yang diceritain disini. melainkan hal2 yang ia temui selama mengajar dan meneliti islam di indonesia. dan karena ia seorang akademisi, menurut saya buku ini cukup objektif dalam menilai indonesia.

narasi buku ini diawali dengan kisah profesor Kato yang beriat untuk tinggal di “luar negeri” setelah lulus kuliah pada awal dekade 90-an. setelah sempat mengajar di amerika selama setahun, ia mengambil pekerjaan sebagai guru di sebuah sekolah internasional di jakarta. dan kisahnya pun dimulai..

buku ini terbagi ke dalam 5 bagian; orang indonesia, makanan indonesia, kota metropolitan, keyakinan, dan kehidupan. ga hanya bercerita, profesor Kato juga selalu membagi hikmah yang ia ambil dalam setiap kejadian “tidak biasa” yang ia alami. misalnya saat ia kecopetan berkali-kali di dalam bus kota jakarta yang panas dan brutal. ia sebal sekaligus kagum dengan maling yang mengambil jam tangannya saat ia tidur.

dalam buku ini profesor Kato sering menyoroti attitude kurang baik yang dimiliki oleh kebanyakan Indonesians. contohnya keperti waktu ngaret, pemakaian kata “Insya Allah” yang tidak sesuai, sampai customer service sebuah provider internet yang hanya memberikan janji2 palsu. ia menemukan fakta unik bahwa hanya orang islam fundamentalis alias taat yang memakai “insya Allah” dengan benar. :p

namun, dalam setiap menyoroti attitude buruk Indonesians tersebut, ia tidak hanya mengkritisi dan merendahkan Indonesia yang jauh tertinggal dari Jepang. disini ia mencoba menemukan sisi positif Indonesians yang ditunjukkan dalam attitude buruk tadi. mislanya dalam hal waktu ngaret. ia mengambil makna bahwa orang indonesia itu “mau menerima kegagalan, lapang dada, dan tidak mau ambil pusing terhadap hal2 sulit.” pemikiran2 positif yang menurutnya sudah sulit ditemukan dalam orang2 jepang saat ini. ia juga belajar bahwa orang indonesia selalu terbuka dan mau menerima perbedaan dalam sesama.

 

IMG_5355

 

well, males nulis banyak2, so let me get straight to the point.

overall, buku ini worth to read. setidaknya saya jadi tau perspektif orang jepang yang notabene negara maju, tentang orang indonesia yang statusnya masih negara berkembang. udah dari lama saya penasaran sama hal ini. buku ini menarik karena ditulis sama profesor sosiologi yang tentu saha dapat menilai perilaku manusia sesuai dengan kadar yang pas. ga hanya meninjau kejelekan2 Indonesians, dia juga mengakui keburukan2 Japaneses dewasa ini. misalnya seperti Japaneses yang sulit mau menerima sebuah kegagalan serta individualistis. gaya berceritanya yang humoris sakses bikin saya ketawa2 plus malu sendiri sama sikap Indonesians. saya juga setuju kalo ia menyebut masyarakat indonesia masih “pra-modern” karena belum sering mengusahakan perbaikan serta memberi nilai tambah dalam keseharian mereka. disini ia juga bercerita pandangannya tentang islam di indonesia, keragaman etnis indonesia, sampai banjir. dan itu semua menarik dibaca untuk level buku seharga 30ribu. so, kalo kamu ada kesempatan buat baca, ga rugi buat baca buku ini. perspektifmu terhadap attitude buruk Indonesians bertambah luas abis baca buku ini. well, thanks, professor Hisanori Kato!

 

rating: 3,93765/5

Advertisements

4 thoughts on “review buku: kangen indonesia.

  1. Selamat Siang, kami dari penerbit Buku kompas ingin mengajak teman-teman untuk datang pada acara”Sharing & Book Signing” buku Kangen Indonesia ini. Pada hari Minggu, tanggal 3 Februari 2013, pk. 14.00 di Gramedia Pondok Indah Mall, di Jakarta.

    Pak Hisanori Kato juga akan hadir dan khusus datang ke Jakarta untuk menghadiri acara tersebut.
    Kami tunggu kehadirannya! 🙂

    Salam,

    Penerbit Buku Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s